Berita Harian Seputar Dunia Teknologi dan Otomotif

Business

Breaking

12 Agustus 2017

100% WORKS, Gak Perlu Lem Biru! Ini Cara Membuat Baterai Laptop Kembali Baru dan Makin Awet

100% WORKS, Gak Perlu Lem Biru! Ini Cara Membuat Baterai Laptop Kembali Baru dan Makin Awet - Hallo sahabat mata-mata, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 100% WORKS, Gak Perlu Lem Biru! Ini Cara Membuat Baterai Laptop Kembali Baru dan Makin Awet, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel TEKNOLOGI, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 100% WORKS, Gak Perlu Lem Biru! Ini Cara Membuat Baterai Laptop Kembali Baru dan Makin Awet
link : 100% WORKS, Gak Perlu Lem Biru! Ini Cara Membuat Baterai Laptop Kembali Baru dan Makin Awet

Baca juga


100% WORKS, Gak Perlu Lem Biru! Ini Cara Membuat Baterai Laptop Kembali Baru dan Makin Awet

Pernah nggak sih, pas lagi ngetik sesuatu atau main game seru, laptop tiba-tiba kehabisan daya? Padahal, beberapa saat lalu baru di-charge sampai full 100%, terlebih laptop baru dipakai dalam hitungan bulan? Ada beberapa hal yang mungkin jadi penyebabnya, salah satunya adalah ketidakakuratan presentaseyang ditunjukkan oleh indikator baterai. Hal itu terkadang disebabkan oleh kelalaian kita yang lupa untuk mencabut adapter.

Akibatnya sel-sel yang ada di dalam baterai dayanya jadi semakin melemah. Tegangan yang terdeteksi oleh laptop tidak sama dengan kapasitas daya yang terdapat dalam baterai. Lantas bagaimana cara menanggulanginya? Jawabannya adalah dengan kalibrasi ulang atau menyetel ulang baterai agar indikatornya kembali menjadi akurat. Mau tahu apa saja? Simak ulasan berikut ini ya!

1. Secara Manual

Cara ini terbilang yang paling mudah dan sederhana dari kedua cara lainnya. Karena itulah Jaka memilih untuk menempatkannya di urutan pertama. Untuk tambahan, cara ini tidak perlu menggunakan software atau program apa pun. Berikut langkah-langkahnya:
  • Charge baterai hingga full 100%. Biarkan laptop tersambung dengan arus listrik selama kurang lebih 2 jamuntuk memastikan kalau laptop tak lagi melakukan charging. Kamu bisa memakainya seperti biasa ketika melakukan proses ini.
  • Langkah selanjutnya adalah, cabut adaptor. Buka Control Panel dan kemudian masuk ke Menu Power Option atau lebih mudahnya adalah mengklik indikator baterai di sudut kiri layar dan klik More Power Options.
langkah 1
  • Dan kemudian akan muncul menu yang dapat kalian liat di gambar bawah.Langkah 2
  • Selanjutnya, klik tulisan Create Power Plan.Langkah 3
  • Anggaplah kamu namai plan-nya 'Kalibrasi Baterai', lalu klik Next.Langkah 4
  • Setting Turn Off the Display, Dim the display, dan put the computer to sleep seperti gambar di bawah. Lalu klik Create. Hal ini dilakukan agar baterai dapat dipakai secara penuh dan tanpa gangguan.Langkah 5
  • Langkah selanjutnya cukup mudah. Biarkan laptop menyala hingga mati kehabisan daya. Oh iya, kalian bisa memakai laptop kalian seperti biasa dalam proses ini, tapi diusahakan kegiatan yang dilakukan tidaklah terlalu memberatkan laptop.
  • Saat baterai habis, biarkan laptop 'beristirahat' hingga lima jam.
  • Colok adapter kembali, charge laptop hingga kembali full 100%. Setelah selesai, selamat, kalian sudah berhasil melakukan kalibrasi ulang pada baterai laptop kalian. Indikator baterai kalian pun dapat kembali akurat dengan cara ini.

2. Melalui BIOS

Kalau cara pertama tetap tidak memberi efek yang diharapkan? Tenang, Jaka masih punya cara kedua. Sayangnya, hal ini hanya bisa dilakukan pada beberapa merek laptop tertentu. Ada sebuah fitur yang melindungi baterai dari pengisian ulang secara terus-menerus dan mencegah bocornya baterai.

Untuk memastikan apakah laptop kalian memiliki fitur itu, bisa geser kursor ke Taskbar yang berada di pojok kanan bawah layar, jika saat kursor menunjuk dan indikator baterai menunjukkan tulisan '80% available (plugged in, not charging)', maka laptop kalian memiliki fitur tersebut.

Selengkapnya bisa dilihat pada gambar di bawah. Oh iya, 80% ini hanya sebagai patokan karena setiap laptop akan mengaktifkan fitur ini dengan presentase yang berbeda-beda.

Langkah 2.1

Oh iya, kalian bisa mengaktifkannya dengan cara me-restart komputer kalian, lalu tekan tombol F2 dan masuk ke BIOS. Cari tulisan 'Battery Life Cycle Extension' di menu pertama, biasanya terletak di urutan dua terbawah dan di atas Purchased Date. Setting menjadi Enabled, setelahnya tekan tombol ESC untuk keluar dan menyimpan. Selengkapnya dapat agan lihat pada gambar di bawah.

Langkah 2.2

Lalu, bagaimanakah cara mengalibrasinya?- Pertama, colok adapter dan charge laptop hingga full 100%.
  • Kedua, masuk ke BIOS dengan cara yang sama seperti yang Jaka sebutkan di atas tadi.
  • Cari menu yang khusus untuk setting baterai, tekan Enter pada menu Smart Battery Calibration yang ada di sana. Selengkapnya dapat dilihat pada gambar di bawah.
Langkah 2.3
  • Dan selesai, kalibrasi telah berjalan dengan terlihat presentase baterai dari 0 hingga 100% di laptop kalian seperti gambar di bawah. Langkah selanjutnya adalah mencabut adapter laptop dan biarkan laptopnya matikehabisan daya.
Langkah 2.4
  • Pasang kembali adapter dan charge laptop sampai full 100%. Usahakan dalam proses ini, laptop dalam keadaan mati agar pengisian berjalan lancar.
  • Setelah full, cabut adaptor, pakailah laptop seperti biasa. Selamat, kaliab sudah berhasil melakukan kalibrasi ulang pada laptop kalian.
Baca Juga: Cerita Blink-Blink
Nah, itulah dua cara yang dapat Di sebutkan untuk membantu kalian dalam melakukan kalibrasi ulang pada baterai laptop kalian. Semoga dengan ini laptop kalian dapat bertahan lebih lama dan baterainya lebih awet lagi ya. Kalau kalian punya saran lain, silakan bagikan di kolom komentar di bawah ini.

Ingin dapat bonus tambahan …….
Cukup anda bergabung dengan kami di www.ligapoker.com
Dapatkan bonus Turnover 0.3% setiap minggu dan Referall 10% seumur hidup ( setiap mengajak orang ikut bermain dan bergabung ) dengan 1 user ID anda bisa memainkan semua jenis permainan yang telah di sediakan…


Demikianlah Artikel 100% WORKS, Gak Perlu Lem Biru! Ini Cara Membuat Baterai Laptop Kembali Baru dan Makin Awet

Sekianlah artikel 100% WORKS, Gak Perlu Lem Biru! Ini Cara Membuat Baterai Laptop Kembali Baru dan Makin Awet kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 100% WORKS, Gak Perlu Lem Biru! Ini Cara Membuat Baterai Laptop Kembali Baru dan Makin Awet dengan alamat link https://matamata365.blogspot.com/2017/08/100-works-gak-perlu-lem-biru-ini-cara.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar